ANALISIS INDEKS KEPUASAN PASIEN KOMPLEMENTER TERHADAP PELAYANAN DI UPTD PUSKESMAS KABUPATEN BANYUASIN PROVINSI SUMATRA SELATAN
Keywords:
Indeks Kepuasan,pasien komplementer, PelayananAbstract
Abstrak
Latar belakang: Seiring dengan kemajuan teknologi dan tuntutan masyarakat dalam hal pelayanan, maka unit penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat dalam melakukan pelayanan. Pelayanan publicyang dilakukan oleh aparatur pemerintah saat ini dirasakan belum memenuhi harapan masyarakat. Hal ini dapat diketahui dari berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media massa dan jejaring sosial. Tujuan: Diketahui analisis indeks kepuasan Pasien Komplementer dalam pelayanan kesehatan, Metode: Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, pengolaan data dan pengambilan sampel murni berpedoman menurut PERMENPAN No 14 tahun 2017. sampel diambil accidental sampling. Periode penelitian adalah Februari - Mei 2023. Dengan jumlah sampel 152 responden. Hasil: karakteristik responden 80,3% berumur dewasa awal 26-35 tahun, jenis kelamin terbanyak perempuan 74,3%, pendidikan 74,3% sekolah menengah atas adapun pekerjaan wiraswasta 57,3%. nilai rata-rata terendah unsur kecepatan waktu dalam pelayanan sebesar 3,02 dengan kinerja kurang baik, sedangkan nilai tertinggi 3,27 pada unsur kemudahan prosedur pelayanan. Nilai indeks kepuasan dimana nilai rata-rata tertimbang 3,088 kemudian di konversi dengan nilai dasar 25 didapat nilai indeks 77,2 mutu pelayanan B kinerja unit pelayananan Baik. Saran: berikan pelayanan yang terbaik untuk pengunjung dengan di buktikan melayani dengan cepat ikhlas dalam bekerja serta bekerja secara professional.